mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini29
mod_vvisit_counterKemarin16
mod_vvisit_counterMinggu ini29
mod_vvisit_counterMinggu lalu174
mod_vvisit_counterBulan ini453
mod_vvisit_counterBulan lalu720
mod_vvisit_counterTotal350191
Polling
Komentar anda tentang website PPSW Sumatra ini
 

Kembali ke Aceh, kembali pada luka. Suara tangis ibu-ibu peserta workshop setahun lalu berdengung kembali di kepala seperti suara ribut ribuan lebah. Kepalaku terasa berdenyut-denyut sakit.

Tidak pernah terlintas dalam benakku untuk kembali ke propinsi paling barat itu. Dari dalam perut Garuda, aku melihat gumpalan awan seputih kapuk melayang lepas. Apakah awan itu benar-benar merdeka? Aku menengok remang-remang daratan yang berwarna hijau toska, jalan-jalan kecil berwarna coklat tanah yang melingkar-lingkar di sela perbukitan, aku mencium bau anyir darah. Sebagai daerah yang mendukung penuh kemerdekaan Indonesia dan menyumbangkan sebuah pesawat tempur, apa Aceh sudah merdeka? Apa kemerdekaan Indonesia sebagai sebuah Negara diikuti kemerdekaan wilayah-wilayah yang tergabung di dalamnya? Apakah kemerdekaan itu sebenarnya?

PPSW (Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita) kali ini yang mengundangku datang ke Aceh. Dalam TOR yang mereka kirimkan, akan diadakan 2 workshop penulisan selama di Aceh: pertama, workshop untuk ibu-ibu kader Aceh. Kedua, workshop untuk PL (Petugas Lapang) dan tim sekertariat Jakarta. Workshop itu diadakan di akhir musim hujan yang rentah saat jamur tanah mulai menghilang di tahun 2009.

Aku ingat percakapanku dengan tim sekertariat Jakarta dan ketua wali amanah PPSW sebelum berangkat.

Last Updated (Saturday, 07 August 2010 08:12)

Read more...

 

Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) yang didukung dana oleh The Asia Foundation (TAF) menggelar pelatihan untuk pemilih perempuan, Jumat-Sabtu (27-28/3) di Hotel Khalifah, Idi Rayeuk, Aceh Timur. Pendidikan tersebut digelar untuk meningkatkan partisipasi kelompok perempuan di Aceh dalam Pemilu 2009.

Pendamping lapang (PL), Rahmiati, kepada Harian Aceh, Sabtu (28/3) menuturkan perlunya persiapan bagi perempuan dalam memilih, karena system Pemilu kali ini berbeda dengan sebelumnya. Apalagi, sebutnya, pengetahuan tentang Pemilu masih sangat minim sehingga diperlukan pemilih bagi perempuan. “Partai Politik (Parpol) di Indonesia sejak dulu belum menjalankan fungsinya secara optimal,”ujar Rahmi.

Rahmi menambahkan, meskipun Undang-undang No. 2/2008 mewajibkan kepada Parpol untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat, namun belum sepenuhnya dilakukan oleh Partai.

Acara pelatihan tersebut, turut dihadiri Caleg dari partai local maupun nasional, seperti Nurdin Jalil (PPPI), Muhaidi (Demokrat), Sayed Saiful Bahri (PAN), Indra Kusmera (SIRA), Rukiah Syam (PBB), Nuryani (PAAS), Cut Linda (PA) dan Burdah (PKS). Kedelapan perwakilan parpol itu mengutarakan visi dan misi mereka masing-masing dihadapan ratusan kaum perempuan dalam acara pendidikan pemilih. (cis)

 

Last Updated (Friday, 23 April 2010 14:39)

 

Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) menggelar seminar pemilih cerdas di Aula IPS Center, Pidie, Jumat (27/3). Kegiatan yang diikuti 50 peserta perempuan dari Kecamatan Sakti, Pidie bertujuan meningkatkan pemahaman perempuan terhadap demokrasi serta partisipasi dalam Pemilu 2009 di Aceh.

Panitia pelaksana, Erlina Juwita, kepada Harian Aceh, Jumat (27/3), mengatakan, dalam Pemilu yang digelar 9 April nanti, perempuan memiliki peran penting khususnya dalam menentukan pilihannya. “Penting bagi perempuan memilih partai atau caleg yang nantinya bisa berpihak kepada kaum perempuan,” ujarnya.

Fasilitator kegiatan, ibu yayuk dari PPSW Jakarta, mengatakan, masyarakat perlu melihat para caleg-caleg yang punya kualitas tinggi untuk dipilihnya nanti agar mampu mengemban tugas sebagai legislator dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.” Jangan asal pilih dalam pemilu nanti karena hal tersebut bisa merugikan rakyat,” katanya. (cmh)

 

Last Updated (Friday, 23 April 2010 14:27)

 
Translator


Internal Link
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Jakarta, Indonesia